Jumat, 01 Juli 2011

Perjalanan ke Ho Chi Minh City (Day 1)

Perjalanan kali ini kami mulai dengan kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek dan dalam kota. Alhamdulillah bisa sampai dengan selamat dan masih punya waktu untuk sholat dan makan siang. Kami mulai mengurus prosedur check in pada pukul 15.00. Berhubung sudah mencetak boarding pass via internet, jadi kami tinggal membayar charge bandara Rp.150.000,- di counter Check in Air Asia. Setelah itu, mengisi lembar imigrasi dan melanjutkan ke antrian imigrasi.Saat masuk ke boarding gate bingung juga, kok sepi amat ya? Tapi tak lama, satu persatu penumpang check ini dan ternyata setelah naik pesawat baru terlihat penumpangnya penuh :-). Saat menunggu di boarding room, saya bertemu dengan David, seorang professor yang menjadi narasumber dalam acara CS Teach, learn & share di @ America. David memberikan saran-sarannya tentang HCMC. Thanks David.

Tiba di bandara Tan Son Nat (kalo ga salah tulis) lebih cepat sepuluh menit dari jadwal. Wow, bandaranya modern, luas dan rapi. Tak ada kartu imigrasi di HCMC. Usai dari conter imigrasi kami melewati custom. Di depan pintu keluar custom, ada beberapa stand taxi. Kami memilih Vinasun (sesuai saran beberapa blog). Biayanya $ 7 fix (jauh dekat). Petugas counter mengatakan, You don't have to pay anymore. Ternyata benar, kami diantar sampai Tulips Hotel dan sopir tidak meminta biaya tambahan, termasuk untuk bayar parkir bandara. Oh, ya rata-rata sopir taxi di HCMC tidak bisa berbahasa Inggris. Termasuk supir yang mengantar kami ke hotel. Ketika saya & suami berkomentar tentang sebuah cafe, sang sopir menyebutkan 'disko' sambil bergaya-gaya ajojing. :-)




Kesan kami terhadap Tulip hotel adalah kecil tapi bersih dan pegawainya ramah. Ada 2 pegawai yang bertugas, namun hanya receptionis saja yang bisa berbahasa Inggris. Kami telah memesan kamar standar dari Agoda, tapi ternyata mereka memberikan kamar deluxe tanpa meminta biaya tambahan. Wow, how lucky we are. Alhamdulillah

Setelah beristirahat sebentar di kamar, kami mencari rumah makan halal di sekitar hotel. Berdasarkan referensi Agoda, ada sebuah resto halal (lion City) di dekat hotel. Tapi berhubung kami belum tau lokasinya, kami mendatangi resto halal yang kartu namanya ada di lobby hotel. VN halal, terletak di jalan Pham Hong Thau, hanya perlu jalan kaki sebentar. Menu Makan Malam kali ini adalah mie mamak & bandung cin chau untuk ku, dan nasi goreng & teh tarik untuk suami. All cost 11,6 USD. Taste good. Dalam perjalanan pulang ke hotel kami melewati jalan yang berbeda. Nah, baru ketemu deh, resto Lion City ternyata memang lebih dekat dengan hotel, letaknya di jalan Truong Dinh.

Hotel di HCMC tidak menyediakan air minum free. Jadi kami beli air minum botolan 500 ml di Circle K seharga 5000 VND ditambah wrigley's double mint seharga 3000 VND. Saat kami mengunjungi HCMC, kurs yang berlaku 1 USD = 8.600 an rupiah. 1 USD = 20.000 an VND.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar