Rabu, 21 September 2016

Persiapan budget untuk perjalanan di London

Triumphal Arch di Marble Arch

Budget utama yang saya habiskan dalam seminggu di London:
Tiket pesawat Malaysia Airlines    AUD 812,7     (MH sedang diskon 40 % saat itu)
Aplikasi Visa                                  AUD 174
Akomodasi                                      GBP 340
Oyster card                                      GBP   47.6
Tour Warwick                                  GBP   86
Makan @15                                     GBP 105
SIM card dengan 10 GB internet     GBP  30

Transportasi

Saya menyarankan untuk menggunakan bis dan kereta bawah tanah untuk perjalanan di dalam kota London. Cara pembayaran moda transportasi, sebaiknya menggunakan kartu Oyster yang dapat dibeli di bandara. Pembayaran dengan kartu ini, membuat kita hanya perlu membayar tarif tertentu, sebanyak apapun kita menggunakan bis atau kereta dalam sehari.
Misalnya, dalam sehari, seorang dewasa hanya dikenai biaya 6.5 pound untuk perjalanan tak terbatas pada zona 1 (sebagian besar tujuan wisata ada pada zona ini).
Tarif perjalanan orang dewasa dapat dilihat disini: http://content.tfl.gov.uk/adult-fares.pdf
Saya sendiri menghabiskan uang 47.6 pound untuk perjalanan 7 hari di dalam kota, termasuk 2 kali ke airport dan sekali ke London Utara.
Pemilihan lokasi akomodasi juga dapat menghemat biaya dan waktu transportasi. Saya memilih lokasi akomodasi di Earl's Court yang masih berada di zona 1.

Makan


Harga satu piring menu makanan, misalnya nasi biryani atau paket fast food di luar CBD London berkisar antara 5 - 7.5 pound. Untuk menu sandwich, harganya berkisar antar 2 - 4 pound.
Saya biasanya mengganjal perut dengan sandwich saat sarapan dan makan siang (mengikuti gaya British), lalu makan malam dengan menu nasi di dekat hotel.

Nasi biryani + bayam GBP 6.5 di Earl's Court
Selain restoran andalan seperti McD, KFC, Subway, Pizza Hut dll, beberapa supermarket (di bawah ini) bisa jadi alternatif untuk makan siang. Untuk pilihan halal, ada beberapa sandwich dengan label halal, atau pilih menu vegetarian atau seafood.
1. Sainsbury https://stores.sainsburys.co.uk/
2. Tesco http://www.tesco.com/store-locator/uk/

Jaringan cafe yang tersebar di Kota London juga bisa menjadi pilihan makan siang. tapi harganya relatif lebih mahal daripada supermarket.
1. Pret a Manger https://www.pret.com/en-us
2. Costa http://www.costa.co.uk/
3. Cafe Nero http://www.caffenero.co.uk/default.aspx

Akomodasi


Kamar hotel di The Paramount
Pilihan akomodasi sangat bergantung pada budget, preference dan waktu pemesanan.
1. Pesan jauh-jauh hari
Saran saya, pesan lah akomodasi dari jauh-jauh hari, supaya mendapatkan harga lebih murah. Pilihan ini resikonya uang tak akan kembali jika kita batal menginap. Eh, sebenarnya di jaringan booking sekarang banyak juga yang menawarkan pembatalan gratis di seminggu sebelum keberangkatan. Tapi biasanya penginapan yang seperti ini adalah penginapan yang sepi pengunjung.

2. Pesan melalui web akomodasi
Untuk mendapatkan harga yang hemat, sempatkan waktu untuk membandingkan harga kamar yang ingin dipilih di beberapa web seperti Agoda, booking.com, trivago, dll, atau air bnb (bagi yang suka tinggal di rumah tinggal), atau travelodge (bagi solo traveler yang memilih ensuite room). Jangan ragu untuk memilih harga yang lebih murah.

3. Perhatikan review hotel yang akan dipilih
Di web pencarian hotel, terdapat review dari para pengunjung hotel. Review ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi tentang hotel yang akan dipilih dan menyesuaikan dengan preferensi kita sendiri. Kadang-kadang ada hotel yang akan kita pilih karena harganya murah, tapi reviewnya agak rendah. Dengan membaca review, kita akan tahu, apakah review negatif tentang hotel masih dapat kita tolerir atau tidak.

Pilihan saya sampai di The Paramount Hotel di Earl's Court. Saya memesan kamar sebulan sebelum keberangkatan dengan tarif 340 pound untuk seminggu, Kamarnya sangat nyaman, berada di basement dengan kamar mandi di dalam dengan tambahan fasilitas pemanas air, tv, hair dryer dan setrika. Fasilitas yang terakhir ini sangat jarang disediakan di sebuah kamar hotel. Hal yang kurang menyenangkan dari hotel ini adalah tidak ada lift, jadi saya harus mengangkat koper sendirian dari kamar ke lobi.
Tapi, hotel budget dengan lift jarang ada di London, jadi ya, bersiap-siap saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar