Jumat, 06 Mei 2016

Aplikasi visa New Zealand dari Australia


Kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana mengurus visa turis ke New Zealand untuk warga negara Indonesia yang tinggal di Australia. Ada dua pilihan cara mengurus visa New Zealand: melalui online atau paper based. Pengurusan visa turis secara online hanya diperkenankan untuk pengunjung perorangan yang akan melakukan pembayaran melalui visa atau mastercard. Berhubung kami akan pergi sekeluarga, maka kami menggunakan aplikasi paper based.

Untuk aplikasi paper based visa yang perlu dilakukan adalah:
1. Download aplikasi visa melalui link ini:
http://www.immigration.govt.nz/NR/rdonlyres/6A5C188E-11CE-4DB0-BF5D-D55010BDF5BE/0/INZ1017.pdf
2. Isi dan lengkapi seluruh isi formulir sesuai kondisi calon pengunjung dan sertakan masing-masing 2 foto ukuran paspor pada form aplikasi. Aplikasi untuk satu keluarga cukup dimuat dalam satu form. Jadi tidak perlu 2 form aplikasi untuk suami & istri.
3. Lampirkan paspor asli. Saya melampirkan paspor saya, suami dan tiga anak.
4. Lampirkan bukti tiket pesawat atau konfirmasi pemesanan tiket (dari travel agent). Saya melampirkan e-tiket Jetstar. Ya, saya sudah membeli tiket Jetstar sebelum mendapatkan visa. Ouch :-)
5. Lampirkan bukti bahwa keuangan pengunjung mencukupi untuk tinggal sementara di New Zealand. Saya melampirkan bank statement (selama 3 bulan terakhir) dan bukti booking hotel.
6. Jika pergi dengan keluarga, maka pengunjung perlu melampirkan bukti hubungan dengan suami dan anak. Saya menyertakan terjemahan surat nikah dan terjemahan akte kelahiran anak-anak.
7. Mempersiapkan biaya permohonan visa. Biaya permohonan visa akan didebit dari kartu debit atau kartu kredit. Jadi pastikan untuk mengisi form pendebitan kartu pada poin 9. Saya membayar biaya visa sebesar AUD 156 dan service fee sebesar AUD$39. Untuk mengetahui berapa biaya visa yang harus dibayar, silahkan lihat di link ini:
http://www.immigration.govt.nz/migrant/stream/visit/visitors/LinkAdministration/ToolboxLinks/officeandfeescalculator.htm?level=2
9. Lampirkan formulir kuasa untuk mendebit biaya aplikasi. Formulir dapat di download disini:
https://www.ttsnzvisa.com/Forms/Credit%20card%20authorisation%20form%20AUSTRALIA.pdf


10. Lampirkan amplop berbayar (pre-paid envelope) yang sudah dilengkapi dengan nama dan alamat lengkap pengunjung. Ini untuk memudahkan agen NZ visa untuk mengembalikan berkas-berkas pengunjung. Saya menggunakan Registered Post Envelope. Pada saat mengirim aplikasi, sebaiknya menggunakan express atau registered post agar posisi aplikasi dapat dilacak.


Nah kalau semuanya sudah lengkap, aplikasi beserta lampiran dikirimkan ke :
Visa Application Centre
Level 6
66 Hunter Street
Sydney
New South Wales 2000
AUSTRALIA


Setelah mengirimkan form aplikasi visa, tunggu sekitar satu minggu untuk mendapatkan berkas pengunjung kembali. Keterangan tentang persetujuan visanya akan dikirim melalui email, termasuk visanya sendiri. Visa New Zealand adalah e-visa (seperti Australia), jadi tidak ada label visa yang ditempelkan ke paspor, seperti berlaku pada negara seperti Cina dan Saudi Arabia.

Keterangan lebih lengkap tentang aplikasi visa turis New Zealand dapat dilihat di link berikut:
http://www.immigration.govt.nz/migrant/stream/visit/visitors/process/default.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar