Senin, 16 Mei 2016

Auckland, New Zealand, Hari Pertama

Kami berangkat dari Melbourne Airport pukul 23.55 (delay 35 menit dari jadwal pukul 23.20) dan tiba di Auckland Airport sekitar pukul 5 pagi. Setelah melewati imigrasi dan custom yang cukup panjang, kami langsung menuju ke tempat sholat, untuk menunaikan sholat subuh. Lokasi Muslim Prayer room ada di lantai 1, terminal keberangkatan. Dari outlet Subway, terus ke kanan, ikuti petunjuk arah. Prayer room nya tidak berupa ruangan mushola, tapi hanya karpet yang digelar di tengah koridor jalan. Untuk tahu arah yang lebih jelas, bisa dilihat di peta lantai 1 pada web berikut ini:

Selesai sholat, kami sarapan dengan bekal muffin yang dibawa dari Australia (alhamdulillah lolos custom). Selanjutnya, kami menelepon*) ke kantor Jucy Auckland Airport untuk minta dijemput (gratis).

Selama satu minggu di North Island, New Zealand, kami menggunakan jucy condo. Campervan ini sudah dilengkapi dengan 2 tempat tidur dan dapur. Jadi kami tidak menginap di hotel, hanya parkir di tempat yang diperbolehkan untuk kemping **). Berhubung campervan ini hanya dilengkapi toilet portable (seperti pispot tapi lebih modern), jadi kami selalu mencari tempat kemping yang memiliki fasilitas toilet.

Setelah menjemput campervan, kami membeli stok makanan di Pasifika Halal Meat dan Pak n Save ***), kemudian langsung berangkat ke Hamilton. Hamilton adalah kota besar 100 km an di sebelah selatan Auckland. Disana kami menyempatkan diri untuk sholat di Masjid Jamia Hamilton dan mengunjungi Hamilton Gardens.

Hamilton Jamia Mosque

Hamilton gardens adalah salah satu icon Hamilton. Taman ini terdiri dari beberapa taman tematik: Japanese, Chinese, British, Italian, Indian dll. Nampaknya akan butuh waktu lebih dari satu jam untuk mengelilingi semuan taman di Hamilton gardens.
Chinese Garden

Japanese Garden

Seorang teman menyarankan, kalau sudah sampai Hamilton, sebaiknya mampir ke Raglan, sebuah kota kecil 40 km di selatan Hamilton. Meskipun tidak direncanakan sebelumnya, akhirnya kami mampir ke sana. Pemandangan bukit-bukit hijau nan indah terhampar di sepanjang perjalanan. Raglan adalah kota kecil yang teduh, cocok untuk yang hobbi mancing. Sayangnya kami tidak bermalam disini. Kami melanjutkan perjalanan ke lokasi bermalam di Pirongia, tepatnya di parking area di sebelah Persimmon Tree Cafe.

Raglan Wharf

Tips:
*) Kartu vodafone pasca bayar saya (plan $60 per bulan) bisa digunakan di New Zealand tanpa kena biaya tambahan apapun, termasuk untuk akses internet. Biasanya akan kena cas $5 per hari. Sementara kartu vodafone suami saya (plan $30) dikenakan biaya jika akan diaktifkan.
**) Untuk kemping di New Zealand, silahkan download aplikasi Official Camping NZ-free dari Google Play dan App Store. Disitu ada list dan lokasi holiday park dan camping area yang gratis maupun berbayar, beserta tips dan aktivitas yang bisa dilakukan.
***) Beberapa supermarket besar di New Zealand untuk belanja groceries: Pak n Save, Count down (brand Woolworths) dan New World.